Dreampalacepabna – Sedikitnya 17 orang tewas di Mozambik saat tumpukan sampah longsor dan menimpa rumah mereka. Insiden LIVECHAT LGO4D ini juga menyebabkan banyak korban lainnya mengalami luka-luka dan hilang tertimbun tumpukan sampah.

Hujan yang turun di Ibu Kota Maputo membuat tumpukan sampah setinggi 15 meter akhirnya roboh menimpa rumah-rumah di bawahnya pada Senin, 19 Februari sekira pukul 3 dini hari. Beberapa bangunan dan properti lainnya juga hancur tertimpa dalam insiden yang terjadi di Distrik Hulene, bagian kota paling miskin di Maputo.  

Beberapa korban diperkirakan mash terperangkap di bawah timbunan sampah.

“Informasi yang kami terima dari pihak berwenang setempat adalah jumlah orang yang tinggal di rumah-rumah tersebut melebihi jumlah kematian yang tercatat,” kata Juru Bicara Dinas Darurat, Leonilde Palembe sabagaimana dilansir¬†, Selasa (20/2/2018).

Pihak berwenang telah meminta penduduk di daerah tersebut SITUS 4D untuk pindah karena rumah-rumah mereka dibangun secara ilegal. Namun, sebagian besar penduduk di sana tidak memiliki tempat lain untuk dituju.

“Saya tinggal di lingkungan ini karena saya tidak punya tempat untuk pergi. Jika pemerintah menyuruh saya pergi ke tempat lain untuk tinggal, saya akan pergi dari sini,” kata Maria Huo, salah seorang penduduk yang putranya terluka dalam insiden ini.

Di daerah pinggiran kota yang miskin seperti Maputo, orang terkadang tinggal di tanah yang bukan milik mereka dengan harapan bisa menemukan pekerjaan. Tempat tinggal bisa dibangun di atas tanah yang tidak aman.